7 Penyebab Uban Datang di Usia Muda dan Solusinya


Uban adalah rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih. Menjelang usia 60 tahun uban mulai kelihatan di kepala kita. Hal ini sesuatu yang alamiah. Semua orang pasti akan mengalaminya.

Namun jika uban muncul saat usia mudah tentunya jadi hal yang tidak kita inginkan.  Sahabat sehat usia berapa? Sudah berubankah? Heeeeee …… Kalau kita amati sekarang ini ada loe sahabat kita yang usia masih kepala 20an sudah banyak dihiasi uban. Bener tidak?

Nah, kali ini kita akan belajar apa yang meyebabkan uban marak menyereng kaum muda kita. Ayah uban masih sedikit, malah kita yang muda uban sudah seperti sabut di kepala heeeee.

1. PSIKOLOGIS YANG TIDAK NORMAL
Takut, sedih, terkejut, marah-marah, stress,  gangguan jiwa dan hati yang tidak tenang juga berakibat buruk pada rambut kita. Karena kondisi psikologis yang tidak nyaman ini akan mengurangi produksi melanin sehingga rambut jadi  abu-abu kemudian memutih.
Sahabat sehat, harus bisa belajar mengondisikan hati dan jiwanya ya. Cara yang paling jitu adalah dekat dengan-Nya. Ketika kita sering ingat pada-Nya maka kemungkinan jiwa jadi tenang. Pasrah saja semuanya pada-Nya, insyallah ada jalan kebaikan. Setuju tidak?

2. SERING MENGKONSUMSI MAKANAN CEPAT SAJI
Tahukan makanan cepat saji? Enak sih, karena tidak ribet mendapatkannya. Namun kami sarankan jangan sering-sering ya, karena tidak baik buat kesehatan kita. Makanan cepat saji bersifat karsinogenik dan racun bagi tubuh kita. Hal ini juga bisa menyebabkan menurunya produksi melanin dan dampaknya rambut kita jadi ubanan.
Mulai sekarang makan makanan yang sehat saja ya, bungkus dari rumah atau memilih warung makan yang lebih sehat.


3. KULIT KEPALA YANG KOTOR DAN KURANG SENTUHAN
Kulit kepala perlu juga dirawat kesehatannya. Dengan merawat kulit kepala otomatis rambut juga harus dijaga kebersihannya. Jika tidak, maka berbagai macam mikroba tidak sehat akan banyak bersarang di kulit dan rambut kepala Anda, hiiii…… serem bukan!
Jika kondisi tidak sehat ini terus berlangsung lama maka kesehatan kulit kepala akan terganggu dan memicu produksi melanin jadi lambat. Jika kita biarkan, ubanpun akan segera tumbuh subur di kepala kita.

4. KEBIASAAN MEROKOK BISA MENGUNDANG UBAN DATANG LEBH DINI
Radikal bebas yang ada dalam rokok merupakan racun bagi tubuh kita. Racun-racun inilah yang akan menghambat produksi melanin sehingga rambut menjadi uban. Jadi, yang suka merokok segera tingalin ya rokoknya. Kuatirnya habis merokok rambut jadi putih semua heeeeeee
Oh iya, sahabat sehat. Tidak hanya perokok aktif saja yang bisa terkena hal ini. Perokok pasif juga akan mengalamih hal yang sama jika terkena asap rokok. Nah, jadi merugikan orang lainkan asap rokok kita. Ngak usah merokok ya ……

5. PENGGUNAAN ALAT KENCANTIKAN
Kaum laki-laki sedikit selamat dari hal ini. Menggunakan hair dryer atau penjepit rambut tiap hari juga tidak baik buat kesehat rambut. Gunakan alat-alat ini sesekali saja. Jika terlalu sering menggunakan akan membuat pangkal rambut  lemah, nah ini juga bisa memicu rambut kita ubanan.


6. DIET TIDAK SESUAI KESEHATAN
Ingin langsing merupakan usaha yang baik. Diet adalah salah satu solusinya. Namun jika dilakukan dengan terlalu, maka akan berdampak juga kepada kesehatan rambut yang tidak baik. Kulit kepala dan rambut juga memerlukan vitamin untuk kesehatan dan pertumbuhan. Jadi jika Anda diet harus memperhatikan keseimbangan vitamin yang dibutuhkan tubuh.
Jangan sampai diet sukses tubuh indah tapi rambut seperti usia 80 tahun heeeee…… jadi serem kelihatannyakan?

7. FAKTOR KETURUNAN
Nah, yang ini sudah takdir heeeee……, bukan bercanda. Memangsih jika orang tua kita punya gen mudah ubanan kita juga akan demikian. Namun jika sudah tahu punya bakat ubanan, itu artinya sahabat sehat meski siap-siap mengondisikan rambutnya agar tidak mudah ubanan. Tips yang sudah kita berikan di atas bisa jadi salah satu alternatif agar si uban terhambat hadir di kepala kita.

Bagaiaman uda fahamkan kenapa uban muncul di kepala kita? Nah setelah membaca ulasan di atas semoga uban yang ada di kepala sahabat sehat segera menjadi hitam heeeeee …… Maksud kami, ayo kita terapakan yang sudah kita pelajari agar si uban tidak semakin menghiasi rambut kita. Ayo jaga kesehatan kita untuk tetap Sehat di Masa Tua.

disarikan dari berbagai literatur


0 Response to "7 Penyebab Uban Datang di Usia Muda dan Solusinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel