Merasakan Nikmatnya Gulali Makanan Tradisional Indonesia


Makanan tradisional apa yang sahabat SEKUTRa suka? Heeee …… masih ingat tidak? Ayo coba sebutkan satu saja makanan tradisional yang sahabat sukai. Gimana rasanya, masih ingatkah? Makanan tradisional, membuat kita ingat masa kecil dulu, benarkan? Karena saat kita kecil dulu makanan yang kita konsumsi tentunya yang lagi ngetren di masa itu, lagi disukai dan berasa enak.

Nah, kali ini SEKUTRa ingin mengingatkan sahabat semua makanan tradisional yang khas banget. Di daerah kami diberi nama GULALI ada juga yang menyebutkan kembang gula. Kalau di daerah sahabat diberi nama apa? Bagi namanya di kolom komentar ya. Terima kasih.

Bagaimana Rasanya Gulali?
Heeeem, manis gurih gimana gitu. Apa lagi jika sedang mengunyah kacang tanahnya, berasa ada yang nikmat. Sahabat yang pernah makan, pasti bisa kebayang bagaimana rasanya heeeem.


Apa saja bahan membuat gulali?
Gulali murni 80 % gula asli. Bisa berbahan gula putih (Kristal) atau gula merah. Bahan yang lain kacang tanah, kelapa, dan pewarna. Kacang tanah untuk 1 gulali biasanya ada sekitar 10 biji. Kelapa diiris kecil-kecil berbentuk kubus kira-kira memiliki rusuk 0,5 cm. Sedangkan pewarna merah bisanya dibuat dari pewarna makanan. Namun kini sudah jarang gulali yang diberi kelapa, karena kelapa tidak bertahan lama dan mudah berubah rasa.
gulali yang sudah masuk kemasan

Bagaiman cara membuatnya?
Gulali dimasukkan dalam wajan besar, ditambah air secukupnya. Dimasak hingga mendidih, kemudian kacang tanah dan pewarna dimasukkan. Diaduk hingga merata. Jika sudah matang, maka gulali dicetak di tempat yang sudah disediakan. Mencetaknya menggunakan sendok makan. Setelah gulali dingin baru diambil dan ditata ke dalam kemasan.

ade mahendra mahasiswa dan gulali


Di mana kita mendapatkannya?
Kita sekarang kesulitan untuk mendapatkan makanan tradisional ini. Namun jangan kuatir, SEKUTRa tahu di mana sahabat bisa mendapatkan bahkan bisa belajar bagaimana cara membuatnya. Kerenkan? Sahabat bisa menghubungi Ade Mahendra mahasiswa dan gulali di nomor 0858 9521 5550 untuk memesan atau belajar melestarikan makanan tradisional yang hampir punah ini.

Terima kasih sudah membaca kuliner skutra hari ini. Jika sahabat merasa hal ini menarik beri komentar di kolom komentar dan bagikan info ini ke sahabat yang lainnya.
Mari Lestarikan Makanan Tradisional Indonesia.

1 Response to "Merasakan Nikmatnya Gulali Makanan Tradisional Indonesia"

  1. Keren buat Ade. Semoga sukses kuliah dan belajar bisnisnya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel