6 Manfaat Berkebun bagi Kesehatan Fisik dan Mental Kita


Sahabat SEKUTRa suka berkebun? Jika tidak perlu membaca tulisan ini agar mulai mencintai berkebun, karena berkebun memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh kita baik secara fisik maupun mental. Kita simak yuk ....

MENJAGA KESEHATAN OTAK
Penelitian dalam Journal of Alzheimer’s Disease mengatakan bahwa berkebun dapat melindungi kesehatan otak kita, menguatkan kognitif, dan mengurangi menurunkan resiko Alzheimer. Alzheimer merupakan penyebab demensia terbesar. Nah, demensia ini sebenarnya bukan penyakit namun gejala berkurangnya fungsi otak.
Wah, ternyata dengan sering berkebun otak kita bisa dinetralisir sehingga otak kita lebih maksimal dalam fungsinya. Nah, kalau begini minimal tiap satu minggu kita berkebun ya, boleh juga sore hari sepulang sekolah atau kerja kita berkebun di sekitar rumah kita.


MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH
Penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen menyatakan bahwa berkebun bisa mengurangi terjadinya alergi. Ada beberapa bakteri yang di dalam tanah yang bersifat baik pada tubuh kita. Bakteri ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita. Dengan demikian kita tidak akan mudah jatuh sakit dan dapat melawan infeksi dengan lebih mudah.
Nah, berkebun akan memacu kita untuk berinteraksi dengan tanah seperti saat menanam bunga, kita langsung saja menggunakan tangan tanpa pembungkus tangan atau alat pengambil tanah. Lepas alas kaki agar telapak kaki kita berinteraksi langsung dengan tanah.



MENGHILANGKAN STRES
Menghilangkan penat, stres, judeg, dan sejenisnya bisa kita gunakan dengan beragam cara. Setiap orang punya cara sendiri untuk menetralisir kondisi tidak nyaman tersebut. Bagaimana cara sahabat SEKUTRa untuk menghilangkan rasa itu? Nah salah satunya adalah dengan cara pergi ke kebun bungga. Di sini kita bisa melihat berbagai warna yang akan menyedapkan mata. Terutama warna hijau yang akan membuat mata dan fikiran kita lebih dingin dan tenang.


MENINGKATKAN KREATIVITAS
Saat kita berkebun secara tidak langsung otak kita akan berfikir menemukan posisi taman yang bagus. Merubah posisi bunga, menambah hiasan seperti batu, atau menambah pagar. Hal ini jika sering dilakukan tubuh kita bugar karena banyak bergerak, otak kita juga dilatih lebih kreatif. Jadi, ayo mulai cintai berkebun.



MENINGKATKAN RASA PEDULI
Saat berkebun aktivitas yang sering kita lakukan adalah menyiram, membersihkan sampah, mencabuti rumput, menganti tanaman yang mati. Hal ini menimbulkan rasa peduli pada lingkungan. Biasanya orang yang rajin berkebun memiliki rasa peduli kepada lingkungan sekitarnya.
Sarah Rayner menyatakan bahwa berkebun baik bagi kesehatan mental karena kegiatan ini membuat yang melakukan memiliki rasa tangung jawab.


MEMBUAT KELUARGA LEBIH BAHAGIA
Sesekali Anda coba mengajak istri/suami dan anak-anak untuk menanam bunga atau sekedar menyiram tanaman di sekitar rumah bersama-sama. Tentunya mereka akan senang melakukannya. Bisa pagi hari atau menjelang matahari terbenam. Kegiatan ini jika rutin kita lakukan pastinya akan membuat suasan keluarga lebih harmonis dan tidak perlu jauh-jauh pergi ke tempat wisata untuk membuat keluarga bahagia.

Jika kita tidak memiliki kebun apa yang kita lakukan? Jangan kuatir kita bisa berkunjung ke taman bungga atau ke penjual bungga yang ada di kota kita. Di sana kita tidak harus beli kok, sah-sah saja hanya keliling-keliling melihat bungga yang dijual. Atau kalau perlu membantu pekerja penjual bunga menyiramkan bungganya heeeee….

Daftar Pustaka
https://hellosehat.com/penyakit/demensia/
https://www.cermati.com/artikel/7-manfaat-berkebun-bagi-kesehatan
https://tirto.id/manfaat-berkebun-bagi-kesehatan-mental-cTqg
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3620666/dapatkan-4-manfaat-berkebun-untuk-keluarga

0 Response to "6 Manfaat Berkebun bagi Kesehatan Fisik dan Mental Kita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel