Lima Manfaat Bersepeda yang Belum Kita Ketahui



Manfaat olahraga bersepeda memiliki khasiat besar pada kesehatan sistem pernapasan bagian atas sehingga mengurangi risiko flu biasa ungkap David Nieman dan rekan-rekannya di Appalachian State University mempelajari 1.000 orang dewasa hingga usia 85 tahun.

Nah, sahabat SEKUTRA tentunya ingin tetap sehat dan bugarkan? Bersepeda adalah salah satu cara yang mudah untuk kita lakukan di waktu luang. Tambah seru jika bersepeda bersama keluarga atau rekan-tekan kita. Untuk menambah semangat Anda bersepeda berikut Lima manfaat yang mungkin belum Anda ketahui.


1. BISA MENYEHATKAN MENTAL DENGAN BERSOSIAL
Bersepeda memberi kesempatan Anda untuk beretemu teman lama atau baru. Dengan suasana yang santai bisa ngobrol ringan hingga membuat otak anak lebih rileks. Dengan demikian bersepeda membuat mental dan sosial Anda lebih sehat lagi.
Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang memiliki gaya hidup aktif secara fisik memiliki tingkat kesejahteraan 32 persen lebih tinggi daripada orang yang tidak aktif.

2. MENINGKATKAN KEKUATAN OTAK
Sebuah studi 2013 menemukan bahwa selama latihan, aliran darah pengendara sepeda di otak meningkat 28 persen, dan hingga 70 persen di area tertentu. Tidak hanya itu, manfaat bersepeda membuat di beberapa area aliran darah tetap naik hingga 40 persen bahkan setelah olahraga.

Dengan semakin lancaranya aliran darah ke otak memberikan peluang otak kita lebih mampu berkonsentrasi dan mengembangkan kemampuan kognitif otak kita.


3. MENYEMBUHKAN SUSAH SULIT TIDUR (INSOMNIA)
Tahukah Anda bahwa dengan bersepeda bisa membantu Anda mudah tidur? Jika tidak percaya bisa dicoba terapi ini dengan bersepeda dua kali sehari selama 20 – 30 menit. Setelah melakukan beberapa kali maka insomnia akan segera berlalu.

Manfaat yang lain bersepeda di pagi hari ketika matahari yang belum terlalu terik dapat membantu jam biologis kembali normal, serta menyingkirkan hormon kortisol yang dapat menyebabkan insomnia.

4. MENGURANGI RESIKO DIABETES
Sebuah studi menunjukkan bahwa manfaat bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes. Salah satu penyebab diabetes adalah kurangnya aktifitas fisik. Dengan bersepeda akan membantu Anda meningkatkan kegiatan fisik yang menyenangkan.

5. MENINGKATKAN KEMAMPUAN SEKS
Tahukan Anda dengan bersepeda lebih rutin, akan membuat kemampuan seks ada lebih lama. Heem, serem juga ya …. heeee. Tapi Anda jangan percaya dulu sebelum mencobanya. Silahkan melukan pengamatan hubungan antara bersepeda dengan kemapuan seks. Baru percaya dengan pendapat berikut ini.

Manfaat bersepeda dapat membangun beberapa kelompok otot yang penting. Dr Matthew Forsyth, ahli urologi dan pengendara sepeda dari Portland, Oregon, mengatakan: “Semua otot ini (yang dibentuk saat bersepeda) digunakan selama hubungan seksual. Semakin baik mengembangkan otot-otot ini, hubungan seksual yang lebih lama”

Demikian sahabat SEKUTRA manfaat lain dari bersepeda. Bagi yang belum mencoba, bisa bergabung dengan kami untuk bersepeda seputar Lumajang. Silahkan masuk grup GURU BERSEPEDA dengan klik link ini. Semoga Sehat Selalu. (bchree)




sumber rujukan:
https://doktersehat.com/manfaat-bersepeda-setiap-hari-bagi-tubuh-untuk-diet-wanita/
https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3916003/8-manfaat-bersepeda-bagi-wanita-dan-pria-setiap-hari-bikin-sehat-fisik-serta-mental
https://www.merdeka.com/jateng/11-manfaat-bersepeda-bagi-kesehatan-tubuh-dan-lingkungan-yang-wajib-diterapkan-kln.html

0 Response to "Lima Manfaat Bersepeda yang Belum Kita Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel